SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
SMA PL Don Bosko - Jl Sultan Agung No 133 Semarang 50234 - Indonesia Telp. 024-8311015  Telp. 024-8311015
Kamis, 21 Agustus 2014  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


03.12.2007 00:56:07 645x dibaca.
ARTIKEL
PEMBEKALAN PENGURUS OSIS – MPK

Setelah melalui suatu tahapan-tahapan seleksi dalam suatu  proses yang panjang akhirnya pada bulan November 2007 yang lalu telah terbentuk suatu pengurus OSIS-MPK (Majelis Perwakilan Kelas) SMA Don Bosko yang baru periode 2007-2008, Pradipta dan Lovink Angel D.K sebagai ketua OSIS dan MPK dengan ditandai dengan serah terima pengurus lama ke pengurus baru dan pelantikan bagi pengurus baru oleh Bruder kepala sekolah Br. Frans.D Atmadja, FIC pada tanggal 12 November 2007.

Untuk membekali para pengurus yang baru ini  dari pihak sekolah mengadakan pemantapan bagi OSIS dan MPK periode 2007/2008 dengan mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Rumah Retret Gedanganak Ungaran. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat – Minggu, pada tanggal 23 sampai dengan 25 November 2007.

Para pengampu dan pengisi acara  terdiri dari para pembina dan pendamping OSIS-MPK yaitu Bapak Paulus Setyatmaji dan Ibu Sri Mulyani serta bapak/ibu guru antara lain Bapak Paulus Ernanda,  Bapak Lopo, Bapak Leo Agung, Bapak Danar, Bapak Adi Utomo Bruder Frans. Djija FIC serta Bapak Yohanes selaku orang tua murid.

 Hari pertama diisi dengan ibadat pembuka oleh Ibu Sri Mulyani dengan mengajak kepada para peserta LDK untuk selalu bersikap dan melakukan kebiasaan yang baik dan efektif (bdk tujuh kebiasaan yang efektif) dilanjutkan dengan permainan yang dipandu oleh Bapak Lopo, decision making oleh Bapak Paulus serta team building pertama oleh Bapak Leo Agung dan Bapak Lopo.

 Hari kedua seharian penuh dengan kegiatan. Pagi-pagi diajak untuk berolah raga, renungan pagi yang dibawakan oleh Bapak Paulus S.serta pentingya suatu organisasi yang disampaikan oleh Br. Frans. FIC. Selain itu mereka juga dilatih untuk belajar public speaking,melatih suatu kepemimpinan, analis social serta mengadakan observasi ke lingkungan sekitar rumah retret, seperti di pasar, diwarung-warung, tukang ojek dll.

Mereka dilatih untuk melihat secara langsung apa yang diperbuat dan dilakukan oleh masyarakatsekitar, mencoba untuk melatih keberanian untuk berbicara dan wawancara kepada masyarakat dan orang –orang yang dibidik dalam kegiatan ansos tersebut.Yang tak kalah serunya, pada malam hari oleh Bapak Lopo, Bapak Surono dan Pak Leo diajak untuk melakukan team building yang kedua  lewat sarana permainan.Mereka diajak secara berkelompok untuk berjalan diatas sebuah papan sambil memindahknnya tanpa menyentuh tanah. Kemudian bermain dengan sebuah “egrang” yang ujung atasnya diberi beberapa tali.

Masing-masing dari Ketua OSIS dan Ketua MPK diminta naik diatas egrang tersebut sementar anggotanya memegang talinya sehingga ada suatu keseimbangan dalam berjalan mengayunkannya.Kemudian permainan yang ketiga diisi dengan kereta-keretaan, ada yang ditutup matanya, diplester mulutnya, ditali tangan dan kakinya untuk diajak menuju ke ruang doa yang meleawi berbagai macam rintangan.

Dalam permainan tersebut ada suatu unsur nilai yang terkandung di dalamnya, mereka diajak untuk dapat membangkitkan suatu nilai kerja sama, saling komunikasi, saling membantu,peka terhadap yang lain, tenggang rasa, tidak egois dan tidak mementingkan diri. Tantangan –tantangan  yang dilakukan lewat permainan ini diharapkan mampu menggembleng para pengurus OSIS-MPK baru untuk dapat melaksanakan tugas-tugas yang sudah dipercayakan.

Sehingga sungguh-sungguh menjadi pemimpin yang tangguh,handal, teruji, tidak mudah menyerah berdedikasi tinggi, disiplin demi kemajuan sekolahnya. Sehingga  dapat menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri, pemimpin bagi teman-temannya dalam lingkup sekolah serta bagi masyarakat yang lebih luas.Diakhir acara diisi dengan doa dan renungan malam oleh Br. Agus Parno FIC. Mereka disadarkan dan berefleksi kembali lewat sarana bacaan Kitab Suci tentang “satu tubuh banyak anggota”

Pada hari  ketiga lewat doa dan renungan pagi diajak  secara bersama-sama untuk mensyukuri atas rahmat dan kepercayaan yang diterimanya menjadi anggota OSIS-MPK. Lewat bacaan “Yeremia dipanggil dan dutus” Bahwa apa yang terjadi dalam diri Yeremia mungkin juga terjadi dalam diri para anggota OSIS-MPK. Ada suatu keraguan, masih muda. dan merasa tidak mampu. Walaupun begitu toh tetap harus percaya dan dijalani karena ini suatu kesempatan untuk mengembangkan diri lewat organisasi  dan memperoleh suatu pelajaran hidup.

Kemudian dilanjutkan dengan perumusan program kerja yang akan  dijalani selama periode kepengurusan nantinya, yang dipandu oleh bapak/Ibu pendamping dan Pembina OSIS-MPK.

Pada sesi terakhir diisi tentang kewirausahaan oleh Bapak Yohanes ( orang tua murid).Dengan gayanya yang kocak beliau mensharingkan pengalamannya tentang kewirausahaan.Lewat sarana film dan contoh-contoh orang yang sukses seperti Bill Gates, Suchiro Honda, dll .

Bahwa dalam membangun suatu wirausaha dituntut untuk mempunyai spirit, mengembangkan sikap mental yang positif, mengandalkan kreativitas/inovatif  perlunya membangun suatu jaringan atau networking, memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta antusias dan semangat dalam mengerjakan sesuatu. (Agsfic)








^:^ : IP 50.16.135.73 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
 © 2014  http://smapldonbosko.pangudiluhur.org/