SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
SMA PL Don Bosko - Jl Sultan Agung No 133 Semarang 50234 - Indonesia  Telp. 024-8311015
Jumat, 17 September 2021  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


08.07.2020 18:10:19 639x dibaca.
BERITA
MOU Beasiswa S1 Penuh Tiongkok tahun 2020 SMA PL Don Bosko

Semarang,

Sebanyak 5 siswa lulusan SMA Pangudi Luhur (PL) Don Bosko Semarang lolos seleksi untuk menerima beasiswa S1 penuh kuliah di universitas di Tiongkok pada tahun 2020 ini. Mereka harus menandatangani MoU yang disaksikan langsung dan dicatat oleh oleh  Dr. Catharina Mulyani Santoso, S.H, M.Kn selaku notaris. Beasiswa itu terlaksana atas kerjasama SMA PL Don Bosko, dengan Badan Koordinasi Bahasa Mandarin Jawa tengah. Lima siswa SMA PL Don Bosko itu nanti akan berangkat bersama para siswa lainnya dari seluruh Indonesia yang mendapatkan kesempatan yang sama pada tahun ini.

 

Menurut Kepala SMA PL Don Bosko Br. Damasus Agung M., FIC., MPd, Rabu (24/6) di Semarang, para siswa itu akan kuliah di Universitas Jinan Guangzhou dan Universitas Huada Xiamen di Negeri Tirai Bambu tersebut.

 

"Seleksi tahun ini lebih ketat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini para siswa yang lolos seleksi setelah lulus ujian HSK 3, semacam Toefl Bahasa Mandarin. Bila lulus test itu berarti mereka sudah siap mengikuti kuliah di sana," kata Damasus Agung.

 

Para siswa itu adalah Anna Maria Novarista, Maria Pritha Devinta Sancti, Prisilia Gupitasari ke Universitas Huada Xiamen, kemudian Shyfra Shallom Aglleeaho W dan Elisabeth Arya Viarenata ke Universitas Jinan Guangzhou.

 

Para siswa itu diikat perjanjian ikatan dinas dengan bekerja sebagai pengajar Bahasa Mandarin setelah mereka lulus kuliah. Mereka akan ditempatkan di sekolah-sekolah di Indonesia bekerja selama 3 tahun. Setelah selesai menjalani ikatan dinas, mereka bebas untuk menentukan hidupnya dengan kemampuan bahasa Mandarin yang mereka kuasai.

 

Sementara dari pengalaman para siswa yang kini sedang belajar di Tiongkok, beasiswa itu sudah cukup untuk hidup di sana karena meliputi biaya kuliah, asrama, makan, dan uang saku. 

 

Mereka nanti akan bertemu dengan para peraih beasiswa lain dari Thailand, Malaysia, Mongolia, Peru, Filipina, dan negara lainnya. Para siswa dari Indonesia dikenal sebagai siswa yang mudah beradaptasi di lingkungan yang baru. (ARD)

MOU Beasiswa S1 Tiongkok








^:^ : IP 34.239.160.86 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
 © 2021  http://smapldonbosko.sch.id/