SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
SMA PL Don Bosko - Jl Sultan Agung No 133 Semarang 50234 - Indonesia Telp. 024-8311015  Telp. 024-8311015
Minggu, 26 Oktober 2014  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SEJARAH SINGKAT SMA PL DON BOSKO SEMARANG

SMA PL Don Bosko adalah sekolah menengah tingkat atas yang didirikan oleh Yayasan Pangudi Luhur. Yayasan Pangudi Luhur merupakan Badan Pembantu Karya Kerasulan Kongregasi Para Bruder FIC dalam bidang kerasulan pendidikan. Badan ini sengaja didirikan oleh Kongregasi FIC , implementasi dari semangat pendiri Kongregasi FIC yang mempunyai kharisma dalam bidang pendidikan untuk mendampingi kaum muda secara utuh dan optimal. Kongregasi FIC didirikan oleh Mgr. L. Rutten, pada tahun 1840 yang berpusat di Maastricht, Netherland. Karya FIC seluruh dunia meliputi : Netherland (Eropa), Chili (Amerika Latin), Malawi (Afrika), Ghana (Afrika), dan Indonesia(Asia).

Karya kerasulan kongregasi FIC di Indonesia dalam bidang pendidikan operasionalnya ditangani oleh Yayasan Pangudi Luhur. Yayasan ini menangani pendidikan pada jenjang Taman Kanak – Kanak, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Operasional kerja praktis keseharian Yayasan Pangudi Luhur dibantu oleh Yayasan Pangudi Luhur Cabang yang meliputi : Cabang Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Muntilan, Ketapang dan Jakarta.

Kemudian keberadaan SMA Don Bosko sekarang tidak terlepas dari Dewan Misi Kongregasi FIC yang pada waktu itu mencari tempat baru untuk tanah asrama dan bruderan. Akhirnya mendapatkan tanah di Candi Kaliwiru seluas kurang lebih tiga hektar. Pada tahun 1955 pembangunan asrama SGA Don Bosco dimulai oleh Kapten Brugman, sesudah beliau menyelesaikan pembangunan SMP dan bruderan Klaten. Selanjutnya pada tanggal 23 Juni 1959 Mgr. Soegijapranata memberkati gedung SGA dan asrama Don Bosko. Untuk memperlancar kegiatan SGA pada tahun 1961 dibangun SD latihan yang bertempat di samping SGA.

Kemudian dalam perkembangan selanjutnya SGA Don Bosko berubah menjadi SPG Don Bosko. Oleh karena pemerintah Indonesia membubarkan SPG, maka saat itu juga SPG Don Bosko diubah menjadi SMA Don Bosko hingga sekarang ini yang menjadi satu komplek dengan Bruderan FIC Candi dan Wisma Bernardus.

Sedangkan nama Don Bosko sendiri diambil dari nama seorang Santo. Yohanes Don Bosko yang hidup antara tahun 1815 – 1888. Seorang imam dan pendidik serta pelindung anak-anak dan muda –mudi terlantar. Julukannya adalah Bapak kaum muda . Setelah ditahbiskan sebagai imam pada usianya yang ke 26 ia tinggal di perkampungan miskin di kota Torino Italia.

Don Bosko adalah seorang pendidik ulung yang mengerti jiwa anak muda dan sanggup membimbing dengan tegas tanpa menggunakan kekerasan.
Terinspirasi oleh kisah hidup Don Bosko, SMA Don Bosko mempunyai semangat sebagai lembaga pendidikan yang mampu membimbing dengan tegas tanpa kekerasan tetapi tetap mengerti jiwa kaum muda.






^:^ : IP 54.87.70.14 : 21 ms   
SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
 © 2014  http://smapldonbosko.pangudiluhur.org/